Custom Search
Talang Bamiang Join 4Shared Now!

Friday, March 27, 2009

Negara Kartu

Harus Pakai Kartu Pak? Kalo nggak ada nggak bisa Pak?
Di suatu negara, Negara Republik Antah Barantah yang masyarakatnya begitu banyak dan heterogen, di mana banyak percampuran etnik dan budaya. Semakin hari semakin semrawut, semakin hari semakin tidak karuan, yang dulunya dipimpin oleh seorang raja yang baik dan dipimpin oleh raja yang cukup bijaksana dan ditakuti oleh negara sebelah.
Seorang raja yang tenang dan pintar dalam menyikapi setiap masalah yang menimpa masyarakatnya.

Dan sekarang?
Mulai dari beras, minyak tanah, pupuk atau sembako bahkan terakhir ini bensin pun harus menggunakan kartu, kartu yang harus diregistrasi oleh pihak pamong dan lurah. Harus memperlihatkan kartu baru dapat jatah, bagimana bagi yang tidak punya atau tidak mengerti mengurus registrasi yang kadang-kadang dibikin berbelit-belit yang sebenarnya tidak rumit.
Bagaimana dengan ngkong saya yang tidak punya siapa-siapa untuk mengurus hal seperti itu, bagimana dengan paman saya yang kesehariannya cuma ke sawah dan ke ladang, bagiamana dengan sepupu saya yang kesehariannya cuma ke laut menjaring ikan yang cuma ketemu dengan kepiting dan rajungan, bagaimana dengan adik saya yang kesehariaannya cuma ngumpulin plastik-plastik bekas sisa pasar.. dan bagaimana dengan cucu saya yang cuma kelas 1 Sekolah Dasar yang nota bene tidak bisa tulis baca... bagiamana dengan tetangga saya, teman saya yang tidak punya waktu untuk mengurus hal-hal yang seperti itu karena disibukkan dengan bagaimana mempertahankan hidup?

Ujungnya-ujungnya minta tolong sama saudara saya yang lain yang lebih mengerti soal yang begituan dan tahu cara-caranya, yang jelas dan pasti saudara saya ini tidak akan mau rugi waktu dan ongkos transpor dalam mengurus itu dan saudara saya yang minta tolong juga tidak tega kalau tidak mengasih transpor yang katanya.....dan katanya.

Yang saya takutkan akan banyak muncul trik-trik baru atau cara-cara baru yang nantinya semua itu hanya simbol saja, saudara saya yang mengerti tentang itu pasti akan membantu saudaranya juga, dan seterusnya.... ya  seperti KKN wajah baru dikalangan tingkat bawah.. hehehehehe hidup KKN  (bagaimana ?)



No comments:

Post a Comment

Newbie

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner